StudiVZ dihackStudiVZ dihack

Pusatgratis – Seorang pemuda berumur 20 tahun berkebangsaan Jerman dikabarkan telah ditahan oleh pihak kepolisian Jerman karena telah melakukan pencurian data dari berbagai situs jejaring sosial asal Jerman. Tidak hanya mencuri data – data user dari situs jejaring sosial tersebut, pemuda ini juga dikabarkan telah memeras operator situs jejaring sosial tersebut.

Pemuda 20 tahun asal Erlangen, Jerman tersebut telah ditahan hari minggu waktu setempat dengan tuduhan pemerasan. Dia berhasil menciptakan sebuah crawler yang melakukan crawling terhadap situs jejaring sosial StudiVZ, sebuah situs jejaring sosial asal Jerman yang dioperasikan oleh VZ Network. Crawler yang diciptakan oleh pemuda tersebut berhasil membobol mekanisme keamanan StudiVZ dan secara otomatis mendownload data – data pribadi dari semua user jejaring sosial tersebut termasuk nama, sekolah, jenis kelamin, umur, foto dan data penting lainnya.

Pemuda tersebut mengancam akan menjual semua data – data user StudiVZ tersebut jika permintaannya sebesar $ 120.000 (1,2 miliar rupiah) tidak dipenuhi oleh VZ Network.

Namun bukan uang yang didapat oleh hacker muda tersebut melainkan dinginnya jeruji besi penjara. Hal ini dikarenakan VZ Network melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwajib dan kepolisian Jerman berhasil membongkar sosok dibalik kejahatan online dan pemerasan tersebut.

VZ Network berdiri sejal tahun 2005 dan hingga saat ini telah mengoperasikan 3 situs jejaring sosial berbahasa Jerman yang mirip dengan facebook. Jejarngsosial tersebut yaitu SchulerVZ, StudiVZ dan MeinVZ dengan total pengguna lebih dari 15 juta user. StudiVZ merupakan situs jejaring sosial khusus untuk pelajar.
Sebagai informasi, facebook sempat menuntut situs StudiVZ ini tahun lalu karena dianggap mengcopy fitur dan tampilan dari facebook. Situs inilah yang berhasil di hack dan kini sedang dibenahi kembali tingkat keamanannya oleh VZ Network agar tidak terjadi lagi hal yang serupa. Hal – hal seperti ini mengingatkan kita harus berhati – hati saat berbagi informasi pribadi kita di situs jejaring sosial. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan jika suatu saat situs jejaring sosial populer sekelas facebook dan friendster juga akan mengalami hal yang serupa.

Mencegah lebih baik dari mengobati..berhati – hatilah saat berbagi data dan informasi pribadi di situs jejaring sosial sebelum ada pihak – pihak yang memanfaatkan atau menyalahgunakan data – data pribadi anda.

Semoga bermanfaat🙂