Percagambar keamanan komputer.jpgya mitos ? Itu terserah. Dalam dunia komputer juga ternyata ada beberapa mitos yang dapat memberikan kita alasan  dan pernyataan yang tepat dan tidak tepat alias fifty-fifty, akan tetapi berikut ini adalah 5 mitos dalam dunia keamanan komputer, yang bisa anda percaya dan bisa juga tidak.

  1. Instal Perangkat Keamanan Berarti 100% Aman
Perangkat Keamanan itu seperti antivirus, firewall, dan perangkat back-up. Memang banyak pembuat antivirus yang menganggap kalau antivirus buatannya paling hebat dalam melindungi komputer. Mungkin betul dia paling hebat, tapi tidak 100% melindungi.
Dan harus diakui, meskipun tidak 100% melindungi. Perangkat keamanan wajib diinstal. Dan ingat! Antivirus itu 80% melindungi sedangkan 20%nya dari sifat si pemilik komputer.
  1. Sekali Instal, Sudah Selesai
Maksudnya. Ketika kita sudah instal software, berarti kita tidak lagi peduli akan versi baru yang mungkin jauh lebih aman dan lebih canggih. Ingat! Software juga punya kesalahan sama seperti pembuatnya (manusia). Suatu saat, pembuat software akan meluncurkan update-nya / patch. Nah, itu wajib kita instal agar patch dan update-nya bisa memperbaiki kesalahan pada software kita. Dan software yang paling penting diupdate adalah sistemoperasi, antivirus dan software yang berkaitan dengan internet.
  1. Isi Komputer Tidak Ada yang Penting
Ingat isi komputer gak hanya software dan file lainnya. Mungkin si komputer tersebut juga terdapat file yang kita rahasiakan (misalnya). Tapi data pribadi yang kita simpan di komputer seperti, arsip rekening bank, password facebook / twiter, dan lainnya memang sangat dibutuhkan oleh para penjahat dunia maya karena hal seperti demikian memiliki harga yang tinggi di pasar bawah tanah.
  1. Penjahat itu Hanya Menyerang Borjuis
Kebanyakan orang berfikir bahwa penjahat itu hanya meny7erang orang kaya. Eits, belum tentu. Penjahat kebanyakan tidak menyerang untuk langsung mencari uang. Uang itu memang tujuan, tapi didapatnya bukan dengan cara membobol rekening. Itu resiko yang sangat besar. Mereka biasanya mencari database informasi dan menjual informasi dari database tersebut. Mislanya, database yang mengandung nomor kartu kredit itu harganya lebih mahal daripada yang mengandung nomor handphone. Sarannya. Minimalkan membagikan informasi seperti nomor handphone, nomor kartu kredit , tanggal lahir dan jangan gunakan password yang lemah. Gunakanlah lirik lagu sebagai password agar kita aman.
  1. Komputer Lambat, Hardware Diganti
Ini tidak salah. Ketika software semakin canggih maka hardware pun harus canggih pula agar sistem komputer kita tidak lambat alias lelet. Tapi, komputer lambat bukan karena hardwarenya tidak kuat mendukung. Tapi kemunkinan, ada virus / malware / trojan / worm.
Program jahat biasanya berjalan tanpa diketahui oleh pemilik komputer, pwnggunaan sumber daya seperti RAM, harddisk, processor, dan juga koneksi internet. Ingat “Isi Komputer Tidak Ada yang Penting”? Meskipun komputer kita isinya tidak penting, penjahat memanfaatkan komputer dengan menginstal malware yang jalan secara diam-diam. Program tersebut bikin komputer menjadi lambat dan koneksi internet lambat juga. Jadi, tidak salah jika kita sering men-scan komputer kita dan kita juga harus meng-update antivirus dan sistem operasi kita agar aman.

Sumber : http://syarif73.blogspot.com/2011/02/5-mitos-tentang-keamanan-komputer.html